Assalamualaikum , Pengertian dan makna serta hukum salam

Assalamualaikum , atau biasa di ucapkan secara lengkap dengan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh   memiliki arti semoga keselama...

assalamualaikum
Assalamualaikum , atau biasa di ucapkan secara lengkap dengan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  memiliki arti semoga keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah kepada kalian.
Jika ditulis dalam bahasa Arab:

  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ucapan Salam Assalamualaikum memiliki makna yang substansial, esensial dan mendalam bagi umat Islam.
Kalimat salam Assalamualaikum tidak hanya digunakan sebagai tradisi menegur sapa saja, Akan tetapi juga mengandung filosofi bahwa umat Muslim itu harus saling mendo'akan dan tidak saling membenci.

Jika di ucapkan dalam bentuk Sapaan salam Assalamualaikum biasanya dijawab juga dengan salam dengan kalimat: waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh yang memiliki arti semoga keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah juga kepada kalian. Dalam Tulisan dalam bahasa Arab:

  وَعَلَيْكُمْ لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sebelum melanjutkan bahasan tentang Arti dan Makna Salam Assalamualaikum, Alangkah baiknya kita membaca sejenak Artikel yang berjudul Assalamualaikum, yang pernah terbit pada situs wikipedia berbahasa indonesia.

Judul : Assalamualaikum

Assalamualaikum adalah kata yang yang bermakna salam didalam Bahasa Arab, dan dan secara umum digunakan oleh kultur Muslim. Salam ini adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia. Untuk mereka yang menyampaikan salam assalamualaikum, hukumnya adalah Sunnah.Sedangkan bagi mereka yang mendengar salam ini, adalah wajib hukumnya untuk menjawab.

Salam ini juga digunakan oleh kultur Kristen di Timur Tengah yang mempunyai arti : kedamaian dan kesejahteraan  bagi yang mengucapkan salam dan penerima salam tersebut. Salam Assalamualaikum ini juga sama dengan salam shalom aleichem yang terdapat dalam bahasa Ibrani.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hasyr Ayat 23: Dialah Allah, tidak ada ilaah (sesembahan) yang layak kecuali Dia, Maha Rajadiraja, yang Maha Suci, Maha Sejahtera, Maha Mengaruniai rasa aman, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Maha Kuasa, yang Maha Memiliki segala keagungan. Maha Suci Allah dari segala yang mereka persekutukan.

Di dalam ayat ini, As-Salaam (Maha Sejahtera) adalah satu dari Nama-nama Agung Allah SWT. Kini, Kita akan mencoba untuk memahami arti, keutamaan dan penggunaan kata Salam.

Sebelum Kehadiran Islam Sebagai Agama, orang Arab biasa menggunakan ungkapan-ungkapan yang lain, seperti Hayakallah yang artinya semoga Allah menjagamu tetap hidup, kemudian Islam memperkenalkan ungkapan Assalamualaikum. Artinya, semoga kamu terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa.
Adalah Ibnu Al Arabi yang di dalam kitabnya Al-Ahkamul Quran dikatakan bahwa Salam itu adalah salah satu  bagian dari ciri-ciri Allah SWT yang berarti "Semoga Allah menjadi Pelindungmu".

3 Makna Penting dari salam Assalamualaikum menurut wikipedia


Salam bukan sekadar ungkapan kasih-sayang, tetapi  juga memberikan alasan dan logika kasih-sayang yang diwujudkan dalam bentuk do'a pengharapan agar anda selamat dari segala macam duka-derita. Tidak seperti salam dari kebiasaan orang Arab pada umumnya  yang hanya mendo'akan untuk tetap hidup, tetapi Salam Assalamualaikum adalah mendo'akan agar hidup dengan penuh kebaikan.

Salam mengingatkan kita bahwa kita semua bergantung kepada Allah SWT. Tak satupun makhluk yang bisa mencelakai atau memberikan manfaat kepada siapapun juga tanpa perkenan Allah SWT.

Penting untuk digaris bawahi bahwa jika seseorang datang dan mennyampaikan kepada anda, "Aku berdo'a semoga kamu sejahtera." Maka ia menyatakan dan berjanji bahwa anda aman dari tangan (perlakuannya), lidah (lisannya), dan ia akan menghormati hak hidup, kehormatan, dan harga diri Anda.

Kesimpulan yang bisa dipetik dari Salam Assalamualaikum :
  • Mengingat (zikir) Allah SWT.
  • Pengingat diri.
  • Ungkapan kasih sayang antar sesama Muslim.
  • do'a yang istimewa.
  • jaminan yang menyatakan bahwa sesungguhnya Anda akan aman dari segala bahaya yang datang dari tangan serta lidahku.

Merujuk dari kesimpulan akhir artikel diatas , Tentu sebagai umat muslim kita semua yang membaca kemudian sama menyadari bahwa Betapa indahnya ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.
Sangat jelas Beliau telah mengajarkan kepada umatnya untuk tidak saling bermusuhan, tidak saling membenci melalui salam sapa yang nyata memiliki arti, makna dan filosofi perdamaian.

Melalui tulisan ilmiah, yang berjudul Teologi Islam Damai yang ditulis oleh salah seorang Cendekiawan IAIN Walisongo Semarang (sekarang disebut UIN Walisongo Semarang), Lismanto  yang diterbitkan dalam Jurnal Justisia Edisi 40 Tahun 2013, disebutkan bahwa assalamualaikum adalah simbol sapaan bagi umat Islam memiliki arti kedamaian atau kesejahteraan.

Assalamualaikum  yang bermakna kedamaian dan kesejahteraan, atau yang di ucapkan dalam bahasa Ibrani sebgai 'shalom aleichem' yang juga memiliki arti  kedamaian. Itulah hal sebenarnya ajaran ajaran sederhana yang sudah sangat  sangat tua adanya, dan telah menjadi inti sari dari segala sumber ajaran agama. Dengan demikian, saya dapat kita simpulkan bahwa perdamaian merupakan basis dari teologi Islam, termasuk teologi agama-agama di dunia. (Lismanto, 2013 : 79)

Hal Senada itu juga disampaikan oleh budayawan Ehma Ainun Nadjib atau Cak Nun yang pernah mengemukakan bahwa kalimat salam Assalamualaikum memiliki arti dan makna yang mengikat, kita sebagai pengucap salam assalamualaikum itu hakikatnya telah berjanji tidak akan memusuhi atau melukai baik dalam bentuk perkataan maupun perbuatan kepada seseorang yang kita telah berikan salam.

Begitu juga dengan orang yang membalasnya dengan salam. Dia secara hakiki juga terikat dengan berjanji tidak akan berbuat jahat dalam perkataan atau perbuatan, karena sudah menjawab salam.


"Sesungguhnya Muslim sejati itu adalah mereka yang tidak membahayakan  Muslim yang lain baik itu dengan lidahnya maupun dengan tangannya"

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Kamu tidak dapat memasuki Surga kecuali bila kamu beriman. Imanmu belumlah lengkap sehingga kamu berkasih-sayang satu sama lain. Maukah kamu kuberitahukan sesuatu yang dimana jika itu kamu kerjakan, maka kamu akan menanamkan dan telah memperkuat kasih-sayang di antara kamu sekalian? Tebarkanlah ucapan salam satu sama lain, baik kepada yang kamu kenal maupun yang belum kamu kenal."


Dikisahkan oleh Abdullah bin Amr RA  bahwa seseorang telah bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apakah amalan terbaik dalam Islam?" Rasulullah SAW menjawab: Berilah makan orang-orang dan tebarkanlah ucapan salam satu sama lain, baik kamu saling mengenal ataupun tidak." (Sahihain)

Abu Umammah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang lebih dekat kepada Allah SWT adalah yang lebih dahulu memberi Salam." (Musnad Ahmad, Abu Dawud, dan At Tirmidzi)

Abdullah bin Mas'ud RA meriwayatkan Bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Salam adalah salah satu Asma Allah SWT yang telah Allah turunkan ke bumi, maka tebarkanlah salam. Ketika datang seseorang memberi salam kepada mereka yang lain, maka derajatnya akan ditinggikan dihadapan Allah. Jika jamaah suatu majlis tidak menjawab ucapan salamnya maka makhluk yang lebih baik dari merekalah (yakni para malaikat) yang menjawab ucapan salam." (Musnad Al Bazar, Al Mujam Al Kabir oleh At Tabrani) Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Orang kikir yang sebenar-benarnya kikir ialah orang yang kikir dalam menyebarkan Salam." Allah SWT berfirman di dalam Al-Quran Surat An-Nisa Ayat 86:

Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan maka balaslah dengan penghormatan yang lebih baik, atau balaslah dengan yang serupa. Sesungguhnya Allah akan memperhitungkan setiap yang kamu kerjakan.

Sungguh Demikianlah Allah SWT memerintahkan agar seseorang membalas dengan ucapan yang setimpal atau yang ucapan yang lebih baik. Dalam beberapa Hal,Telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana yang disampaikan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hathim.
dikisahkan pada suatu hari disaat Rasulullah SAW sedang  bersama sama  para sahabat-nya, datanglah seseorang menghampiri lau mengucapkan salam "Assalaamualaikum".
Disaat itu Rasulullah SAW pun menyambut salam tersebut dengan membalas ucapan salam tersebut denga "Waalaikum salaam wa rahmah".
Tak lama berselang,datanglah Orang kedua yang juga mengucapkan salam "Assalaamualaikum wa rahmatullah".
Rasulullah pun juga membalas salam tersebut dengan ucapan :"Waalaikum salaam wa rahmatullah wabarakatuh".
Tak lama kemudian datang lagi orang ketiga yang juga memberi ucapan salam "Assalaamualaikum wa rahmatullah wabarakatuhu." dan Rasulullah SAW pun juga  menjawab salam tersebut dengan mengucapkan "Waalaika".

terperanjat dengan jawaban rasulullah,orang ketiga ini lalu bertanya dengan rendah hati, " Wahai Rasulullah, saat mereka menyampaikan salam yang singkat kepadamu, kudengar engkau membalas salam mereka dengan salam yang sungguh lebih baik kalimatnya. Sedang aku yang memberimu /menyampaikan salam yang lengkap kepadamu aku sangat terkejut karena engkau hanya membalas salamku dengan sangat singkat yaitu hanya dengan waalaika."

Dan Rasulullah SAWyang ditanya pun kemudian menjawab, "Sungguh Engkau sama sekali tidak memberi / menyisakan ruang bagiku untuk membalasmu dengan yang lebih baik. untuk itulah kemudian aku membalas salam yang kau berikan dengan ucapan yang sama sebagaimana yang dijabarkan oleh Allah di dalam Al-Quran." **Ternyata orang ketiga yang datang adalah adalah orang kafir**.

Hasan Al-Basri berkata, "Mengawali mengucapkan salam sifatnya adalah sukarela, sedangkan membalasnya adalah kewajiban".

Akan tetapi sangat diSayangkan, ucapan salam Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh yang artinya sangat mulia dan menjadi substansi Islam itu sendiri justru seiring kemajuan zaman sering kita temui hanya  menjadi bagian tradisi dari kalimat bertegur sapa saja, tidak dimaknai lagi dari hati yang paling dalam bahwa ucapan salam berarti berjanji tidak akan melukai baik dalam perbuatan, lisan maupun pikiran.

bukan hal baru lagi jika sangat banyak orang yang mengucap salam hanya sebatas lisan dan ucapan semata , tidak meresapi dalam hati dan pikirannya makna dan arti salam itu sendiri, sehingga masih banyak orang yang membenci seseorang lainnya meskipun sudah mengucapkan salam. Padahal sebaiknya, jika salam telah diucapkan, tidak ada alasan lagi untuk membenci dikarekan do'a keselamatan, rahmat dan berkah yang tersampai didalam salam yang diberi

Sebagai gambaran begini. Anda sudah memberikan salam kepada tetangga Anda. Itu artinya, Anda sudah menjamin bahwa tetangga Anda selamat baik dari do'a maupun pikiran, ucapan dan perbuatan Anda.

akan tetapi kalau Anda sudah memberikan ucapan salam assalamualaikum kepada tetangga Anda dan kemudian telah dibalas dengan salam pula, maka jika Anda suatu ketika berbuat jahat kepadanya (baik itu dalam hal iri hati, dengki, serta menyebar  fitnah,dll ), maka ucapan salam assalamualaikum yang pernah Anda ucapkan/berikan tidak ada gunanya lagi. Artinya, dalam hal ini Anda telah menjadi bagian dari orang orang munafik dan jauh dari ajaran Islam itu sendiri.

Kok bisa ? ya hal ini dikarenakansebelumnya  sudah berjanji untuk memberikan jaminan keselamatan baik dari tangan dan lisan, tapi nyatanya masih saja menyimpan benci dan niat jahat kepada seseorang yang telah anda  diberikan salam  Bukankah hal yang demikian  itu munafik ?!

Maka untuk itu, sebagai umat Muslim yang senantiasa selalu berusaha untuk meneladani ajaran Rasulullah Muhammad Saw, ada baiknya kita terus menerus membiasakan untuk mengucapkan salam kepada seseorang tidak hanya sebatas karena salam adalah bagian dari tradisi tegur sapa saja, akan tetapi juga penting untuk diresapi di dalam hati makna dan artinya dengan penuh keikhlasan. Bahwasanya ucapan salam itu  adalah  mendo'akan dan janji/pernyataan kita untuk senantiasa memberikan keselamatan kepada orang lain sesama Muslim.

Ucapan salam tidak boleh hanya mengalir di mulut saja hanya demi mengedepankan agar diri terkesan islami, saleh maupun salehah, Akan tetapi Salam wyang terucap wajib mengimplementasikan arti dan makna yang terkandung di dalam salam itu sendiri. Para Pengunjung yang telah datang dan membaca , semoga artikel tentang Salam Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  dapat bermanfaat untuk kita semua,Amiin.
 Jika didalam berartikel/Penulisan terdapat Kesalahan yang tak kami sengaja , mohon  dimaafkan, Kritik dan saran sangat kami harapkan, dan semua dapat disampaikan pada kolom komentar yang tersedia.
Assalamualaikum

Sumber :
http://www.wikipedia.com
http://www.islamcendekia.com

COMMENTS

Nama

Pustaka Islam,1,
ltr
item
Assalamualaikum: Assalamualaikum , Pengertian dan makna serta hukum salam
Assalamualaikum , Pengertian dan makna serta hukum salam
https://3.bp.blogspot.com/-jUjQ0WcSMgA/WdaJ0pi2E8I/AAAAAAAAAac/FMdtPACuCpgxL8KXqGgCE5FBUKIpNmVrgCLcBGAs/s400/Assalamualaikum.png
https://3.bp.blogspot.com/-jUjQ0WcSMgA/WdaJ0pi2E8I/AAAAAAAAAac/FMdtPACuCpgxL8KXqGgCE5FBUKIpNmVrgCLcBGAs/s72-c/Assalamualaikum.png
Assalamualaikum
http://www.assalamualaikum.id/2017/10/pengertian-makna-dan-keutamaan-salam.html
http://www.assalamualaikum.id/
http://www.assalamualaikum.id/
http://www.assalamualaikum.id/2017/10/pengertian-makna-dan-keutamaan-salam.html
true
5844774857407960974
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy